INDONESIA PRIHATIN JURNALIS ARAB SAUDI JAMAL KHASHOGGI TEWAS MENGENASKAN

Indonesia Prihatin Jurnalis Saudi Jamal Khashoggi Tewas


situsjudi.online - Pemerintah Indonesia menyampaikan dua cita terhadap tewasnya jurnalis Arab Saudi, Jamal Khashoggi pada 2 Oktober 2018 didalam gedung Konsulat Jenderal Saudi di Istanbul,Turki. Dalam keterangan resmi Saudi, Khashoggi tewas akibat terlibat cek-cok dengan 15 orang yang berakhir pada tindak kekerasan. Pernyataan yang terkesan tidak masuk akal itu dirilis 20 hari usai Saudi mencoba berkelit dari tuduhan dunia Internasional.

 Rasa duka itu disampaikan oleh presiden Joko Widodo ketika menerima kunjungan kehormatan Menlu Saudi,Abel bin Ahmed Al-Jubeir di Istana Kepresidenan Bogor pada Senin,22 Oktober.

 "Dalam kesempatan terpisah, Presiden juga menyampaikan mengenai kasus yang menimpa Khashoggi. Presiden menyampaikan keprihatinan atas kasus tersebut dan Indonesia mengharapkan investigasi yang sedang dilakukan dapat terealisasi secara transparan dan seksama," ujar Menlu Retno yang mendampingi Jubeir menemui Jokowi.


 Lalu, apakah Jokowi turut menanyakan soal hasil investigasi kematian Khashoggi kepada Jubeir ketika bertemu tadi? Yuk langsung kita simak saja.


1. Menlu Saudi sudah menyampaikan soal perkembangan penyelidikan kematian Khashoggi kepada Presiden Jokowi

  Menurut Menlu Retno, Menlu Jubeir sudah menyampaikan perkembangan penyelidikan kematian Khashoggi kepada Presiden Jokowi.

"Sebelum berangkat ke Indonesia, Menlu Arab telah menyampaikan pernyataan dan penjelasan. Penjelasan itu juga yang disampaikan ke Presiden," ujar Retno ketika ditemui di Istana Kepresidenan Bogor pada Senin, 22 Oktober.

 Jubeir mengatakan Saudi kini tengah bekerja dengan Turki untuk melakukan investigasi bersama.

"Namun, hingga saat ini kami belum mengetahui bagaimana ia meninggal, kami tidak tahu di mana jasadnya hingga kini. Jaksa penuntut sejauh ini sudah memerintahkan untuk menahan 18 orang dan meminta keterangan dari mereka. Termasuk juga kemungkinan untuk menyidangkan para pelaku," ujar Jubeir pada Minggu, 21 Oktober.

Raja Salman al Saud, kata Jubeir, juga telah memecat beberapa pejabat terkait kematian Khashoggi.


Indonesia Prihatin Jurnalis Saudi Jamal Khashoggi Tewas




2. Saudi mengaku memeriksa semua fakta yang kini berkembang, termasuk Khashoggi tewas dimutilasi.

  Ketika ditanyakan oleh jurnalis Fox News soal pengetahuannya bahwa ada kemungkinan Khashoggi tewas dengan cara dimutilasi hidup-hidup, Jubeir tidak merespons hal tersebut. Ia hanya mengatakan, kini tengah memeriksa semua fakta yang muncul dan dalam proses penyelidikan.


Indonesia Prihatin Jurnalis Saudi Jamal Khashoggi Tewas



3. Saudi mengaku tidak tahu soal keberadaan audio yang merekam detik-detik suara ketika Jamal Khashoggi diduga dimutilasi.

  Pemerintah Saudi mengaku tidak mengetahui rekaman suara Khashoggi yang disebut banyak media merupakan salah satu bukti ia tewas diduga akibat dimutilasi. Menlu Jubeir pun mengaku tidak tahu apakah ada negara lain yang memiliki akses terhadap rekaman suara seperti yang ditulis di media.

Informasi mengenai rekaman suara itu kali pertama dirilis oleh media pro terhadap Pemerintah Turki. Mereka menyebut mendapat rekaman suara berisi informasi detik-detik Khashoggi berada di dalam gedung konsulat jenderal, dari Badan Intelijen Turki.

"Yang saya lihat saat ini adalah spekulasi di pers, yang saya lihat hanya 'katanya-katanya' dan saya mendengar begitu banyak gosip. Saya mengimbau agar publik berhati-hati dan membiarkan otoritas berwenang untuk menyelesaikan investigasi yang dilakukan oleh Saudi dan Turki," ujar pria yang pernah bertugas sebagai Duta Besar Saudi di Amerika Serikat itu.

Ketika investigasi itu rampung, Saudi berjanji akan merilisnya ke masyarakat internasional.


Indonesia Prihatin Jurnalis Saudi Jamal Khashoggi Tewas

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEDERET PENGHORMATAN TINGGI DARI JOKOWI UNTUK ANI YUDHOYONO

10 OLAHAN MOCHI ENAK DAN PALING TERKENAL, DIJAMIN BIKIN GAGAL DIET!

SAH! 10 MOMEN AKAD NIKAH SELEBGRAM AKFY SAGA & FATMA