TABLOID INDONESIA BAROKAH JUGA BEREDAR DI PURWAKARTA

Tabloid Indonesia Barokah Juga Beredar di Purwakarta

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, menyatakan Tabloid Indonesia Barokah telah beredar di sejumlah kecamatan di sekitar Purwakarta.

"Dari penyisiran yang kami lakukan, tabloid itu sudah tersebar di sejumlah kecamatan, sasarannya 140 masjid dan pondok pesantren," kata Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Kabupaten Purwakarta Oyang Este Binos, di Purwakarta, seperti dilansir kantor berita Antara, Minggu 27 Januari 2019.

1. Setiap pesantren menerima tiga hingga lima eksemplar

Tabloid Indonesia Barokah Juga Beredar di Purwakarta

Oyang mengatakan ratusan masjid dan pondok pesantren yang tersebar di sekitar Purwakarta itu masing-masing menerima tiga hingga lima eksemplar tabloid Indonesia Barokah.

Tabloid tersebut di antaranya tersebar di Kecamatan Pondoksalam, Tegalwaru, Plered, Darangdan, Jatiluhur, Sukasari, dan Kecamatan Maniis.

Kendati, Oyang menyatakan, tidak menutup kemungkinan kecamatan lainnya juga terdapat sebaran tabloid itu. Tapi secara pasti belum terinventarisasi oleh petugas pengawas pemilu tingkat kecamatan setempat.


2. Timses Jokowi-Ma'ruf Jabar mengimbau masyarakat abaikan isi tabloid Indonesia Barokah

Tabloid Indonesia Barokah Juga Beredar di Purwakarta

Sementara, Ketua Tim Kampanye Joko 'Jokowi' Widodo-Ma'ruf Amin Daerah Jawa Barat Dedi Mulyadi angkat bicara terkait beredarnya tabloid Indonesia Barokah di wilayah Jawa Barat, yang diduga melanggar kampanye berupa penyebaran hoaks di tengah masa kampanye Pilpres 2019.

Dedi mengimbau masyarakat, khususnya pendukung pasangan capres dan cawapres nomor urut 01, agar mengabaikan isi tabloid Indonesia Barokah.

"Masyarakat Indonesia itu sudah berakal sehat. Tabloid Indonesia Barokah itu hanya bagian dari kegaduhan yang tidak perlu tanggapi serius," kata dia.

Pada kesempatan berbeda, Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01, Abdul Kadir Karding, memastikan tabloid Indonesia Barokah tidak ada hubungan dengan TKN, apalagi mengendalikannya.
 
"Karena itu di luar kontrol, di luar kendali kita. Oleh karena itu kami merasa tidak diuntungkan, juga tidak dirugikan," kata Karding.

3. Tabloid Indonesia Barokah beredar di Jawa Tengah

Tabloid Indonesia Barokah Juga Beredar di Purwakarta

Tabloid Indonesia Barokah juga sebelumnya beredar di tiga kabupaten eks Keresidenan Pati, Jawa Tengah, dengan sasaran penyebaran di masjid dan pondok pesantren.

Ketua Bawaslu Grobogan Fitria Nita Witanti membenarkan, ada temuan tabloid tersebut hingga wilayah Grobogan.

Hasil pendataan sementara, kata dia, terdapat 1.100 amplop berisi Tabloid Indonesia Barokah yang hendak dikirim ke sejumlah masjid dan pondok pesantren.

Salah satu amplop yang sudah dibuka, berisi tiga eksemplar tabloid. Jika seluruhnya berisi dalam jumlah sama, total temuan sementara bisa mencapai ribuan eksemplar.

4. Bawaslu RI masih mengkaji temuan dugaan pelanggaran

Tabloid Indonesia Barokah Juga Beredar di Purwakarta

Fitria mengaku, masih menunggu hasil kajian dari Bawaslu Pusat bersama Dewan Pers. Kalaupun isi tabloid tersebut dinilai meresahkan, dia mempersilakan untuk menitipkannya kepada jajaran Bawaslu, seperti Panwaslucam.

Menyikapi peredaran tabloid tersebut, Bawaslu Kabupaten Grobogan beserta TNI dan Polri sudah menjalin koordinasi dengan pihak kantor pos setempat.


5. Tabloid Indonesia Barokah menyudutkan pasangan Prabowo-Sandiaga

Tabloid Indonesia Barokah Juga Beredar di Purwakarta

Tabloid tersebut diduga menyudutkan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Tabloid ini juga ditemukan di Kabupaten Rembang. Anggota Bawaslu Kabupaten Rembang Amin Fauzi memperkirakan, jumlah eksemplar tabloid itu cukup banyak.

Beberapa masjid dan ponpes, kata Fauzi, ada yang menitipkan tabloid tersebut kepada Bawaslu Kabupaten Rembang.

"Kami juga tidak memiliki kewenangan untuk menyita, karena hingga sekarang masih menunggu instruksi dari Bawaslu pusat terkait tabloid tersebut," kata Fauzi.

Sementara, dari penelusuran IDN Times, tabloid dalam bentuk PDF juga sudah beredar di masyarakat. Tabloid ini memiliki 13 rubrik, yakni mukadimah, tokoh, laporan utama, liputan khusus, opini, sejarah, edukasi, tabayun, ekonomi, bilik pesantren, teras masjid, fikih, dan galeri.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEDERET PENGHORMATAN TINGGI DARI JOKOWI UNTUK ANI YUDHOYONO

10 OLAHAN MOCHI ENAK DAN PALING TERKENAL, DIJAMIN BIKIN GAGAL DIET!

SAH! 10 MOMEN AKAD NIKAH SELEBGRAM AKFY SAGA & FATMA