KEPALA WANITA INI BENGKAK BAK BALON USAI WARNAI RAMBUT

Ternyata dia alergi terhadap Paraphenylenediamin

Kepala Wanita Ini Bengkak Bak Balon Usai Warnai Rambut

Rambut memang menunjang penampilan seseorang. Agar penampilan terlihat lebih mencolok, keren, dan rambut tampak lebih indah banyak orang mewarnai rambutnya. Setiap tahun, tren warna rambut berubah sehingga kita pun mengikuti tren yang ada dengan mengganti warnanya setiap setahun sekali atau bahkan beberapa bulan sekali. Namun, bagaimana jika hal itu menjadi malapetaka? Hal inilah yang menimpa seorang wanita muda asal Kota Mode Prancis

1. Kisah itu berawal saat Estelle membeli cat rambut di supermarket lokal

Kepala Wanita Ini Bengkak Bak Balon Usai Warnai Rambut

Dilansir dari Dailymail Kamis 17 Januari, Kisah berawal saat Estelle membeli cat rambut di supermarket lokal. Ia pun mengikuti instruksi yang tertera dalam kemasan. Melansir teenvogue, sebelum memakai cat rambut, biasanya dilakukan tes pada kulit selama 48 jam sebelum mengaplikasikannya pada rambut.

Hal ini untuk mengetahui apakah ada reaksi alergi atau tidak. Remaja berusia 19 tahun itu mengaku hanya mencoba cat itu selama 30 menit saja. Dikatakan Estelle, dia langsung menyadari iritasi pada kulit kepala sesaat setelah memakai cat rambut. Akibatnya, kepala Estelle mulai membengkak seperti balon.

Gadis itu pun segera mengonsumsi Antihistamin atau obat pereda alergi. Tapi yang terjadi kemudian, keesokan pagi kepala Estelle mencapai ukuran 63 cm, yang biasanya hanya berukuran 55,8 cm. “Aku tidak bisa bernapas. Kepalaku sudah seperti lampu bohlam,” katanya dilansir dari Dailymail


2. Ternyata Estelle alergi terhadap kandungan PPD

Kepala Wanita Ini Bengkak Bak Balon Usai Warnai Rambut

Ternyata perempuan berusia 19 tahun itu memiliki alergi terhadap kandungan PPD (Paraphenylenediamin). Padahal, kandungan tersebut wajar ditemukan di berbagai macam produk kecantikan. PPD banyak dipakai dalam pewarna rambut, khususnya untuk warna yang gelap.


Selain pada pewarna rambut, PPD sering ditemukan pada henna. Bahan ini biasanya tidak berbahaya, tapi jika alergi terhadap PPD, maka akan menimbulkan masalah kesehatan yang serius.

“Gejala dari reaksi alergi ini bisa mulai dari rasa gatal biasa sampai ruam atau anafilaksis yang lebih berat dan bisa menjadi fatal. Beberapa reaksi yang parah termasuk pembengkakkan pada wajah dan lidah, sesak napas, dan tekanan darah yang menurun," jelas seorang dermatologis asal New York bernama Debra Jaliman, MD seperti yang dilansir dari Health Kamis 17 Januari 2019.

3. Estelle akhirnya kembali normal setelah beberapa kali penyuntikan dan recovery

Kepala Wanita Ini Bengkak Bak Balon Usai Warnai Rambut

Beruntungnya, Estelle mendapat pengobatan dalam waktu cepat. Keadaannya kembali normal setelah melalui penyuntikan khusus dan recovery beberapa hari. Ia hanya berharap kejadian yang menimpanya tidak menimpa orang lain.


Maka dari itu sebaiknya selalu berhati-hati sebelum menggunakan produk yang mengandung bahan kimia seperti pewarna rambut. Ada baiknya melakukan tes alergi terlebih dahulu sebelum digunakan karena reaksi alergi setiap individu berbeda-beda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEDERET PENGHORMATAN TINGGI DARI JOKOWI UNTUK ANI YUDHOYONO

10 OLAHAN MOCHI ENAK DAN PALING TERKENAL, DIJAMIN BIKIN GAGAL DIET!

SAH! 10 MOMEN AKAD NIKAH SELEBGRAM AKFY SAGA & FATMA