PROSES PENYELIDIKAN KASUS PROSTITUSI ONLINE, PANTASKAH DIUMBAR?



Kasus prostitusi online yang melibatkan pesohor panggung hiburan tanah air berinisial VA membuat heboh publik. Penyelidikan pun sampai saat ini masih terus dilakukan polisi.

Baru-baru ini diketahui artis VA tidak mau bertemu dengan orangtuanya. Dia mengaku trauma hingga tidak bisa tidur.

"Mohon maaf VA tidak bisa dihadirkan karena syok, dia (VA) sampai tidak tidur 24 jam. Tahu sendiri gimana kondisinya," kata kuasa hukum VA, Muhammad Zakir Rasyid, Jakarta Selatan, Senin 7 Januari 2019 malam.

Teman dekat VA, Jane Shalimar menilai kasus prostitusi online ini berdampak terhadap psikis korban. VA, katanya, tak mau bertemu siapa pun.

"VA belum siap ketemu siapa-siapa. Tadi saja saya mau pergi ke sini dia nangis," ujar dia.

Sementara itu, Komnas Perempuan ikut angkat suara terkait kasus ini setelah mendapat pengaduan dari masyarakat.

Komisioner Komnas Perempuan, Mariana Amiruddin menilai, pemberitaan yang muncul telah sewenang-wenang tanpa mempertimbangkan kondisi perempuan terduga korban dan keluarganya.

"Selain nama, wajah, juga disebutkan keluarga mereka," demikian bunyi keterangan tertulis Komnas Perempuan, yang diterima Selasa 8 Januari 2019.

Komnas Perempuan menyarankan kepada polisi dan pihak terkait untuk berhenti mengumbar penyidikan secara transparan. Hal ini dinilai dapat melukai psikis korban.

"Agar penegak hukum berhenti mengekspose secara publik penyelidikan prostitusi online yang dilakukan," tulis Komnas Perempuan.


Sita Barang Bukti

Ilustrasi prostitusi

Sebelumnya, Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim) menyita sejumlah barang bukti dari artis VA yang diduga terkait prostitusi online. Barang bukti yang disita berupa celana dalam warna ungu, satu kotak kondom, seprei putih serta iphone X warna silver milik artis VA.

Pada kasus ini, Polda Jatim sudah menetapkan dua tersangka yakni ES dan TN. Peran ES adalah sebagai muncikari yang menawarkan prostitusi artis atau selebgram melalui media sosial WhatsApps dengan tarif Rp 25 juta sampai Rp 80 juta.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEDERET PENGHORMATAN TINGGI DARI JOKOWI UNTUK ANI YUDHOYONO

10 OLAHAN MOCHI ENAK DAN PALING TERKENAL, DIJAMIN BIKIN GAGAL DIET!

SAH! 10 MOMEN AKAD NIKAH SELEBGRAM AKFY SAGA & FATMA